Jumat, 15 Juni 2012

pendidikan jarak jauh


PENDIDIKAN  JARAK  JAUH



A.Penjelasan Umum

Teknologi bagi pendidikan jarak jauh memungkinkan pendidikan jarak jauh memungkinkan bagi para guru untuk terlibat dalam pengembangan propesional, untuk mengajar para siswa dan mengakses sumber daya bagi ruangan kelas . Salah satu keuntungan terbesar yang ditawarkan oleh tehnologi modern adalah kemampuan untuk mengajar tanpa kehadiran langsung guru.

B.Pendidikan Jarak  Jauh

Desmon Keegan (1980) Defenisi  formal Pendidikan Jarak Jauh :
1.      Pemisahan fisik pembelajar dari sang guru
2.      Program pengajaran yang berkala
3.      Teknologi telekomunikasi
4.      Komunikasi dua arah
Program pengajaran disebarkanmelalui serangkaian tranmisi udara, berkabel atau yang dipancarkan ulang oleh satelit. Para siswa menaggapinya melalui gabungan transmisi  e-mail, faks, telepon, siaran atau computer (Herring & Smaldino, 2005)
Fungsi Pendidikan Jarak Jauh
·         Penyajian beb erapa informasi
-          Presentasi dan demonstrasi guru
-          Presentase siswa atau kerja kelompok
-          Teks cetak dan ilustrasi
-          Suara langsung atau direkam
-          Gambar bergerak penuh

·         Praktek  dengan umpan balik
-          Aktivitas bertanya dan menjawab
-          Kegiatan diskusi
-          Ujian
-          Kegiatankelompok terstruktur
-          Proyek kelompok
-          Tutorial sesama  teman

·         Akses terhadap sumber daya belajar

-          Material cetakan
-          Material audiovisual
-          Basis dasta computer
-          Kits
-          Materi perpustakaan 


C. Mengajar Jarak jauh

Hal yang harus  dipertimbangkan oleh guru ( Dabbagh & Bannan-Ritland, 2005)

-          Mengatur dan mengurutkan konten karena berhubungan dengan nilai
-          Mengetahui sumber daya yang tersedia
-          Pengalaman siswa dan sistim yang sering digunakan
-          Apa yang harus dilakukan siswa untuk menjamin kualitas



D.Peran Pendidikan Jarak  Jauh

·         Peran Siswa, Siswa harus memahami peran mereka dalam pengalaman pendidikan jarak jauh(Simonson, Smaldfino, Abright & Zvacek, 2006 )
Para siswa perlu mengetahui bagaimana menggunakan teknologi untuk berkomunikasi dengan guru dan saling berkomunikasi dengan rekan.

·         Peran Guru
-          Megawasi dan turut serta serta secara aktif  dalam sebuah program dengan siswa
-          Mendorong interaksi dengan guru dan sesame siswa
-          Menjawab pertanyaan pada tempat yang terpisah
-          Menyelesaikan masalah pengajaran dan disiflin  secara langsung
-          Menyediakan lembar kerja
-          Bertanggung jawab terhadap  permasalahaan

·         Peran teknologi, Dengan audio dan video guru dapat mengubah materi pengajaran yang ada, para siswa diuntungkan dari visual yang disertakan dalam pengalaman pengajaran.

D. Audio Dalam Pendidikan Jarak Jauh

Radio merupakan salah satu teknologi mula-mula yang digunakan un tuk menyampaikan pengajaran jarak jauh. Audio merupakan opsi yang memungkinkan menyampaikan informasi. Sumber daya seperti kaset dan CD, yang bisa di poskanm kepada para siswa untuk dapat dipergunakan.
Telekonferensi audio merupakan pengembangan dari sebuah panggilan telepon sederhana.

Keuntungan:
-          Efektif biaya
-          Mudah digunakan
-          Interaktif

             Keterbatasan:
-          Kurangnya  informasi visual
-          Audio yang kurang jelas
-          Menakut nakuti

Teknologi audio dapat menjadi alat pengajaran yang efektif. Bergantung pada kebutuhan siswa, menggunakan teknologin telekonferensi audio, kaset dan CD mungkin merupakan cara yang efektif dalam menyediakan kesempatan belajar jarak jauh. Sejalan dengan kemajuan tehnologi semua sumber daya teknologi    (Audio dan televise) sudah dimanfaatkangurubisa memperkuat belajar siswa dan membawa  sumber daya tambahan  ke dalam ruang kelas.,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar